-->

Sunday 13 March 2016

Insomnia Itu Apa Sih?

 
Insomnia adalah gangguan pada tubuh yang menyebabkan kita sulit tidur, bangun pada malam hari, atau bangun terlalu pagi. Akibat kita akan menjadi kurang tidur, kita akan merasa lelah dan susah berkonsentrasi pada keesokan harinya.

Ada dua jenis insomnia. Pertama,primary insomnia, disebabkan oleh sesuatu yang tidak berhubungan dengan kondisi kesehatan seseorang. Kedua, secondary insomnia yang penyebabnya berhubungan dengan kondisi kesehatan seperti depresi, kanker, asma, perih, pengaruh obat-obatan yang dimakan dan lainnya.

Insomnia ada yang berlangsung singkat, biasanya disebabkan oleh ketidaknyamanan emosi (patah hati, sakit hati, marah, keki, dan benci) ataupun ketidaknyamanan fisik (rasa nyeri sehabis operasi, suara keras, nyala lampu yang terang sekali, suhu udara yang terlalu panas atau dingin, dan jet lag). Namun, ada juga yang berlangsung lama sekali (bisa lebih dari satu bulan). Penyebabnya depresi, stres berkepanjangan, dan sakit di malam hari.

Insomnia dapat diobati. Selain dibawa ke dokter, kita bisa melakukan terapi penyembuhan sendiri seperti melatih tidur pada waktu yang sama, menghindari kopi, alkohol, tidak berolahraga menjelang tidur, tidak terlalu banyak makan, membuat suasana tidur nyaman atau rileks sebelum tidur.
 
Semoga bermanfaat :)
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner