-->

Wednesday 13 January 2016

Format File System NTFS dan FAT (Windows)

FAT dan NTFS adalah sistem pemetaan media penyimpanan komputer. FAT dan NTFS merupakan format file system pada OS/Sistem Operasi Windows. Sampai saat ini Windows memiliki 3 format file system yaitu FAT16, FAT32 = FAT dan NTFS.


01. FAT
FAT adalah singkatan dari File Allocation Table yang artinya Tabel Alokasi Berkas, adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara beroperasinya. FAT Pertama kali di kembangkan oleh Bill Gates (Microsoft) dan Marc Mc Donald pada tahun 1976-1977. Lalu dikenalkan oleh MS-DOS pada tahun 1981. Sistem berkas ini merupakan berkas utama untuk sistem operasi yang ada saat itu. FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori/Flashdisk yang biasa digunakan dalam kamera digital dan pemutar media portable maupun sebagai media penyimpanan. sistem berkas ini digunakan oleh oleh sistem operasi MS-DOS (hanya versi FAT12 dan FAT16), Windows (hampir semua versi Windows; untuk versi FAT yang didukung olehnya lihat pada bagian versi), GNU/Linux, dan masih banyak sistem operasi lainnya yang juga mendukung, termasuk Macintosh Mac OS/X.

a. FAT16
Sebenarnya sebelum FAT16, telebih dahulu sistem file di MS-DOS FAT12, tapi karena banyak kekurangan makanya muncul FAT16, FAT16 sendiri sudah dikenalkan oleh MS-DOS pada tahun 1981.




Awalnya, sistem ini didesain umtuk mengatur file floppy disk, dan sudah mengalami beberapa kali perubahan, sehingga digunakan untuk mengatur file harddisk. Keuntungan FAT16 adalah kompatibel hampir di semua sistem operasi, baik Windows 95/98/ME, OS/2, Linux dan bahkan Unix. Namun dibalik itu semua masalah paling besar dari FAT16 adalah mempunyai kapasitas tetap jumlah cluster dalam partisi, jadi semakin besar harddisk, maka ukuran cluster akan semakin besar. selain itu kekurangan FAT16 salah satunya tidak mendukung kompresi, enkripsi dan kontrol akses dalam partisi.
b. FAT32
FAT32 mulai di kenal pada sistem Windows 95 SP2, dan merupakan pengembangan lebih dari FAT16. FAT32 menawarkan kemampuan menampung jumlat cluster yang lebih besar dalam partisi. Selain itu juga mengembangkan kemampuan harddisk menjadi lebih baik dibanding FAT16. FAT32 bisa mendukung stotage yang besar sampai 2 terabyte plus efesiensi yang lebih baik. kecuali anda seorang yang sangat haus storage, kapasitas sebesar itu sudah jauh lebih dari cukup.




FAT32 menawarkan kemampuan menampung jumlah cluster yang lebih besar dalam partisi. selain itu juga dapat mengembangkan kemampuan hardisk menjadi lebih baik dibanding generasi FAT sebelumnya. Namun FAT32 memiliki kelemahan yang tidak di miliki FAT16 yaitu terbatasnya Operating System yang bisa mengenal FAT32. Tidak seperti FAT16 yang bisa di kenal oleh hampir semua system operasi, namun itu bukan masalah apabila anda menjalankan FAT32 di Windows XP karena Windows XP tidak peduli file sistem apa yang di gunakan pada partisi.

c. exFAT
File sistem exFAT ini muncul di service pack pertama kali Windows Vista. File sistem ini bagus untuk perfoma yang cukup lebih baik untuk menghandle. exFAT adalah versi terbaru dari pengemabangan file sistem FAT. Berguna juga untuk menghandle kapasitas harddisk yang tidak terlalu besar. Kelebihan exFAT Sekalabilitas untuk HDD (Hard Disk Drive) berukuran besar, ukuran berkas max 16EIS sebagai perbandingan FAT-32 hanya mendukung ukuran besar Max 232 (46b), ukuran closter yang didukung hingga 2355 sektor dengan batasan inplementasi hingga 23 mb, perfoma untuk alokasi ruangan kosong dan penghapusan ditinggalkan karena file sistem ini memperkenalkan inplementasi baru yaitu Free Space Bit Map, mendukung fiur access diractorl tunggal access control US (ACI) seperti lainya (NTFS) sayangnya fitur ini belum didukung sepenuhnya didalam Windows Vista Service Pack1, mendukung lebih dari (65536) berkas didalam sebuah directory tunggal, mendukung transstaction safe FAT file (sebuah fungsional untuk windows CE yang diaktifkan), memeliki ruang sendiri yang bisa digunakan oleh DEM untuk melakukan kistomasi terhadap sitem berkas karakteristik perangkat tertentu,Times dapat ditampilkan dalam UTC tidak hanya dalam Local Time Saja.


02. NTFS
NTFS (New Technology File System) di kenalkan pertama pada Windows NT dan merupakan file system yang benar benar berbeda di banding teknologi FAT.




NTFS menawarkan security yang jauh lebih baik, kompresi file, cluster dan bahkan support enkripsi data. NTFS merupakan file system standar untuk Windows Xp dan apabila anda melakukan upgrade Windows biasa anda akan di tanyakan apakah ingin mengupgrade ke NTFS atau tetap menggunakan FAT. Namun jika anda sudah melakukan upgrade pada Windows Xp dan tidak melakukan perubahan NTFS itu bukan masalah karena anda bisa mengkonversinya ke NTFS kapanpun. Namun ingat bahwa apabila anda sudah menggunakan NTFS akan muncul masalah jika ingin downgrade ke FAT tanpa kehilangan data. Pada Umumnya NTFS tidak kompatibel dengan Operating System lain yang terinstall di komputer yang sama (Double OS/Multi OS) bahkan juga tidak terdeteksi apabila anda melakukan startup-boot menggunakan floopy. Untuk itu sangat disarankan kepada anda untuk menyediakan partisi yang kecil saja yang menggunakan file system FAT di awal partisi. Partisi ini dapat anda gunakan untuk menyimpan Recovery Tool apabila mendapat masalah.


03. NTFS vs FAT
Jika anda menjalankan lebih dari 1 Operating System di pc anda, anda mungkin perlu menyediakan partisi untuk FAT.




Anda bisa memasukkan file / program kepartisi tersebut karena FAT bisa di akses oleh Operating System apapun di harddisk anda. Tapi perlu di ingat, FAT tidak mempunyai security dalam data dan semua Operating System yang terinstall memiliki akses 100% kepada partisi yang menggunakan FAT (read,write,delete,execute). Dalam kasus lain bahkan bisa dilakukan antar jaringan apabila terkoneksi jadi jangan menyimpan file penting dalam FAT System.


05. RAW
Terkadang saat kita menancapkan Flashdisk ke komputer kalau sering dicabut tanpa di remove/ejject terlebih dahulu maka suatu saat file sistem tersebut akan mengalami kerusakan, dan meminta diformat.




RAW sendiri merupakan format mentah yang belum di olah. Jika kita lihat pada properties maka akan terdeteksi "0 Bytes" dan jika disk di klik akan meminta diformat. Nah.. Untuk itu hati-hati ya... Tapi setiap masalah ada solusinya, jika dalam flashdisk kita terdapat data-data penting dan suatu saat system flashdisk kita berubah jadi RAW, maka langkah yang akan kita lakukan adalah menyelamatkan datanya yang akan saya bahas di postingan selanjutnya.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner